KISI-KISI SAS PAI KELAS XI
1. Materi: Berpikir Kritis dalam Islam (Q.S. Ali Imran/3:190-191)
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level Kognitif | Bentuk Soal |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Menjelaskan alasan perintah berpikir kritis dalam Q.S. Ali Imran/3:190–191 | Kandungan ayat tentang penggunaan akal, berpikir kritis | HOTS (C4) | PG |
| 2 | Mengidentifikasi makna potongan ayat “Rabbana ma khalaqta hadza bathila” | Makna dan kandungan ayat | LOTS–MOTS (C2–C3) | PG |
2. Materi: Tuntutan Mempelajari Ilmu dan Sains (Q.S. Ar-Rahman/55:33 & Hadis Ilmu)
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 3 | Menentukan sikap tepat terkait perintah menuntut ilmu | Perintah menuntut ilmu; hubungan sains & agama | HOTS (C4) | PG |
3. Materi: Akhlak Terpuji – Menjaga Lisan
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 4 | Menganalisis maslahat menjaga lisan | Adab lisan | C3–C4 | PG |
| 5 | Menentukan sikap tabayyun dalam menerima berita | Tabayyun, etika bermedia | C4 | PG |
| 7 | Menentukan tindakan menjaga aib | Menjaga lisan dan kehormatan | C4 | PG |
4. Materi: Syukur & Dampak Tidak Bersyukur
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 6 | Menjelaskan akibat tidak bersyukur | Syukur dan dampaknya | C3 | PG |
5. Materi: Menghindari Tawuran & Akhlak Sosial
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 8 | Menentukan solusi damai sesuai ajaran Islam | Anti-tawuran, ishlah | C4 | PG |
6. Materi: Menjauhi Khamr (Q.S. An-Nahl/16:67)
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 9 | Menentukan sikap menjauhi khamr | Bahaya khamr | C3 | PG |
| 10 | Mengidentifikasi dua buah dalam Q.S. Nahl/16:67 | Kurma & anggur | C1 | PG |
7. Materi: Tabligh, Dakwah, dan Akhlak Berdakwah
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 11 | Menentukan evaluasi ceramah yang sesuai prinsip hikmah | Prinsip tabligh | C4 | PG |
| 12 | Menentukan respon dakwah yang santun di media sosial | Adab dakwah | C4 | PG |
| 13 | Mengidentifikasi media dakwah | Media dakwah modern | C2 | PG |
| 14 | Menentukan cara menegur khatib yang tepat | Hikmah dakwah | C4 | PG |
8. Materi: Khutbah (Rukun, Syarat, Adab, Jenis)
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 15 | Mengidentifikasi khutbah yang tidak terkait salat | Jenis khutbah | C2 | PG |
| 16 | Menentukan solusi khutbah agar mudah dipahami | Adab khutbah | C4 | PG |
| 17 | Menerapkan kerja sama islami dalam tugas dakwah | Kerja sama dalam dakwah | C3 | PG |
| 18 | Mengidentifikasi syarat khatib | Syarat & adab khatib | C2 | PG |
| 19 | Menentukan bantuan terbaik bagi anggota yang grogi | Akhlak bermuamalah & dakwah | C3–C4 | PG |
| 20 | Mengetahui arti khutbah secara bahasa | Bahasa dan istilah | C1 | PG |
9. Materi: Sejarah Ulama – Syekh Nawawi al-Bantani
| No Soal | Indikator | Materi Pokok | Level | Bentuk |
|---|---|---|---|---|
| 21 | Mengidentifikasi ulama yang bergelar Sayyidul Hijaz | Biografi Syekh Nawawi | C2 | PG |
| 22 | Menentukan nama murid beliau | Tokoh dan sanad keilmuan | C2 | PG |
| 23 | Menentukan nama asli Syekh Nawawi | Biografi tokoh | C1 | PG |
| 24 | Menentukan murid yang menjadi tokoh organisasi besar | Sejarah Islam Nusantara | C3 | PG |
| 25 | Mengetahui tahun kelahiran Syekh Nawawi |
Komentar
Posting Komentar