Resume Periode Rosul sampai Tabi'in



RESUME PERBANDINGAN MADZHAB

Nama
Setio Aji Nugroho
NIMKO
015.011.0015
Dosen
Drs. KH. Baharudin Madintan


Periode Perkembangan Islam
1.   Periode Rasul
Dimasa ini Nabi Muhammad SAW masih hidup, lamanya adalah 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah. Di turunkannya Al-Qur’an pada periode ini dengan ciri-ciri ayat Makkiyah dan Madaniah. Ciri-ciri ayat Makkiyah adalah (1) ayat-ayat yang berhubungan dengan Tauhid dan akhlak, (2) bercerita tentang Nabi dan ummat terdahulu, dan (3) ayat-ayatnya pendek-pendek. Kemudian ciri-ciri ayat Madaniah adalah ayat-ayat yang berbicara tentang hukum (sumber fiqh) yang dimana dalam ayat tersebut tidak dirinci A,BC, dan D secara garis besarnya.
Kemudian di masa ini dijelaskan pula tentang isi al-Qur’an yaitu yang ke (1) membahas tentang ketuhanan/ketauhidan, (2) tentang hukum-hukum, dan yang ke (3) tentang akhlak.
2.   Periode Sahabat
Periode sahabat adalah periode sesudah Rasul wafat, lama dari periode ini adalah sepanjang sahabat masih hidup/ketika para sahabat sudah meninggal dunia. Dimasa ini dijelaskan pula kategori sahabat yaitu (1) Mukmin dan muslim, (2) Pernah bertemu dengan Nabi secara langsung, dan (3) Satu zaman dengan Nabi. Kemudian macam-macam sahabat itu adalah : anak-anak, dewasa serta orang tua.
3.   Periode Thabi’in
Yang dinamakan periode thabi’in adalah setelah orang-orang di periode sahabat telah meninggal dunia kemudian di teruskan oleh para thabi’in. Kategori thabi’in adalah (1) tidak bertemu dengan Rasul secara langsung, dan (2) Bertemu dengan sahabat Rasul serta bergaul dengannya. Pada periode ini pula muncul ilmu-ilmu fiqh, ilmu Tauhid dll yang lahir pada akhir masa periode thabi’in ini.
4.   Periode Thabi’it Thabiin
Periode thabi’it thabi’in adalah orang islam teman sepergaulan dengan para thabi’in dan tidak mengalami masa hidup Sahabat Nabi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Perkembangan Bahasa Indonesia

Islam Agama Yang Sempurna

Makalah Ushul Fiqh